Sabtu, 16 April 2011

Berfikir sambil berlari

Ditengah era serba instan,persaingan yang keras maka dibutuhkan pola fikir yang cepat. mungkin konsep berfikir sambil berlari merupakan pilihannya. Indonesia saat ini dapat kita lihat, hampir disetiap lini kehidupan kita sangat kacau. Bidang politik,Sosial,Pendidikan,dll. ditambah peran serta pemerintah yang terlihat serba ragu dalam mengambil keputusan atau tindakan. cukupkah kita diam kawan? hanya memikirkan sesuatu yang kecil? mari kita berfikir besar, berfikir merubah suatu bangsa kearah yang lebih baik.
konsep berfikir sambil berfikir sambil berlari kita perlukan ditengah tertinggalnnya bangsa kita bila dibandingkan dengan negara tetangga kita seperti malaysia, vietnam, thailand. teringan dengan kata dosen saya semasa saya kuliah dulu. kurang lebih ungkapannya seperti ini "ketika kamu tertinggal dengan kawan kamu dalam hal pelajaran, maka ketika dia berjalan satu langkah maka kamu harus berjalan lima langkah". sederhana tapi dalam maknannya.

Untuk melatih berfikir sambil berlari saya mempunyai cara khusus yaitu cobalah jika anda melihat sesuatu atau apapun itu cobalah untuk berfikir 5W & 1H. saya ambil contoh seperti ini. "ketka anda melihat sutu pohon dipinggir jalan cobalah bertanya dan menjawab sendiri seperti Apa nama pohon tersebut?, kenapa ditanam disitu tidak ditempat lain? siapa yang menanam? Bagaimana cara pohon itu tumbuh? dst.." dengan anda lakukan setiap saat maka secara tidak langsung otak akan bekerja secara terus menerus dan membuat anda terampil dalam bertindak dan kritis dalam berfikir. selain itu cobalah dalam satu waktu mengerjakan banyak pekerjaan seperti ketika anda menyetrika baju cobalah sambil memasak air tetapi usahakan anda tetap fokus pada kedua pekerjaan itu. itu adalah beberapa hal kecil yang bisa melatih anda berfikir, bukan berfikir biasa tentunya, tetapi berfikir sambil berlari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar